Search

Connections

Web Stat

OS
Linux l
PHP
5.6.31
MySQL
5.5.57
Time
10:26
Caching
Disabled
GZip
Disabled
Visitors
2
Articles
11
Articles View Hits
1503

User Online

We have 9 guests and no members online

Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) Radio Gagak Rimang Blora memberi kesempatan dan menyiarkan langsung pagelaran seni karawitan siswa Sekolah Dasar (SD). Upaya itu dilakukan untuk menumbuhkan jiwa karakter ana-anak dalam pengembangan bakat dan pelestarian seni tradisional di Kabupaten Blora.

Direktur LPPL Radio Gagak Rimang Kasiyanto, SE, di Blora, Jumat (17/2) mengatakan pihaknya membuka program edukasi di radio dan mendukung upaya pelestarian seni trasidisional melalui siaran live.

?Kami mempersilahkan khususnya kepada Lembaga Pendidikan. Jadikan anak-anak berkesan dengan bakat dan kemampuannya melalui siaran di radio,? katanya.

Yang jelas, kata Kasiyanto, materi acara yang disajakan harus cerdas, santun dan menghibur.

Salah satu kesempatan siaran langsung diberikan kepada siswa SDN II Purwosari Kecamatan Blora saat unjuk terampil seni karawitan di Pendopo rumah dinas Bupati Blora.

Kelompok kesenian karawitan Siswo Purwo Laras itu tampil menyajikan sejumlah gending dolanan. Diantaranya tembang menthok-menthok dan gajah-gajah.

Lebih kurang satu jam, mereka mengudara melalui frekuensi 105,9 FM.

Pembina Seni Karawitan Siswo Purwo Laras Desa Puwosari, Sulasim, mengungkapkan, meski baru seumur jagung berlatih, namun pihaknya berupaya untuk menumbuhkan jiwa dan karakter anak agar percaya diri dalam pelestarian seni tradisional.

?Anak-anak masih butuh bimbingan, dan ini merupakan upaya kami untuk regenerasi kesenian karawitan. Kalau ada vokal diniliai kurang bagus, mohon maklum. Yang penting anak-anak berani dulu,? jelas Sulasim.

Ia mengucapkan terima kasih kepada Pepadi Blora dan LPPL Radio Gagak Rimang yang telah memberi kesempatan untuk menampilkan dan menyiarkan pada acara selapanan Jumat Pon sebelum pentas wayang kulit dimulai.

?Saya yakin anak-anak berkesan. Itu tidak akan dilupakan dalam hidupnya. Terimaksaih untuk Pepadi dan Radio Gagak Rimang,? katanya.

Hadir menyaksikan pagelaran seni karawitan diantaranya Kepala Dinporabudpar Blora Kunto Aji, Kepala Bidang Kebudayaan Dinporabudpar Sukartono, Kepala Bidang Pariwisata Dinporabudpar Heksa Wismaningsih dan Kepala UPT TK/SD Dindik Kecamatan Blora, Ngarpan.

?Kami mengapresiasi, perlu terus dilatih agar menjadi lebih baik. Dan saya harapkan bisa menginspirasi siswa di sekolah lainnya dalam upaya pelestarian seni tradisional,? kata Sukartono, Kabid Kebudayaan Dinporabudpar. (Dinkominfo Kab. Blora)

LPPL Radio Gagak Rimang Kabupaten Blora

Jl. Reksodiputro 54 Komplek Kolam Renang Tirtonadi, Kedung Jenar Blora. Jawa Tengah

Copyright : 2017. All Rights Reserved.